Get In Touch
Jl Kapi Sraba Raya 17M no 8 Malang - Jawa Timur
Work Inquiries
info@mdpro.id
Ph: +62 812 3500 1230

Ingin Pakai Jasa Videografi? Ketahui Dulu Hal-Hal ini

Vanessa, staf umum dari perusahaan distributor skincare yang sedang populer diberi tugas oleh atasannya untuk membuat video profil perusahaan guna kepentingan presentasi kepada merchant yang akan menjadi partner penjualan. Pak Agus, atasan Vanessa berpendapat, dengan adanya pembatasan sosial, kunjungan presentasi ke kantor-kantor merchant harus dikurangi. Selain itu jika perusahaan memiliki video presentasi maka bisa penyampaian informasi tersebut dapat diefisiensi dengan mencantumkan video dalam email (embed).

Budget dari perusahaan untuk membuat video tersebut tidak terlalu besar, Vanessa bingung untuk memulai menjalankan tugas tersebut karena sebagai lulusan jurusan manajemen dia tidak memiliki pengalaman di bidang videografi.

Vanessa mencari referensi di google tentang bagaimana memproduksi sebuah video profil. Dia bingung, peralatan yang dibutuhkan begitu banyak dan mahal. Budget dari perusahaan tidak akan cukup. Lalu dia menemukan Morning Dew Production, agensi kreatif yang bergerak di bidang jasa produksi video untuk perusahaan.

Berikut beberapa tips untuk menghire jasa produksi video untuk perusahaan.

 

Terbuka dengan request dan budget.

Mulai dengan email “Halo MDPro, kami dari XYZ Company, ingin membuat video profil dengan budget sebesar Rpxxx dan spesifikasi sebagai berikut : …”

Jangan ragu untuk mengungkapkan budget yang dimiliki oleh perusahaanmu. Mungkin kamu takut dianggap remeh oleh jasa produksi video karena budget yang terlalu kecil atau di bawah standar. Namun, penyedia jasa yang profesional dan berpengalaman tentu bisa mengestimasikan dan memberikan perkiraan terbaik apa yang bisa dilakukan dengan budget tersebut, karena besaran budget akan mencerminkan value yang menjadi target perusahaan.

MDPro berpegang pada prinsip menjadi solusi terbaik pada klien. MDPro mempelajari request dan menentukan budget yang seimbang dengan request tersebut. Pun jika tidak terjadi kesepakatan, dengan senang hati MDPro akan memberikan rekomendasi penyedia jasa lain di network kami. Estimasi dari kami juga dapat digunakan sebagai dasarmu mengajukan revisi budget kepada perusahaan.

 

Yang mahal konsepnya, bukan durasi

Yang dijadikan dasar menghitung adalah konsep video, bukan durasi videonya. Kami buka rahasia ya, lebih mudah untuk membuat video 30 menit tanpa konsep, daripada video 3 menit dengan konsep informasi yang padat. Coba pertimbangkan lagi, apakah kamu mau terpaksa melihat video dengan durasi panjang, atau video ringan yang mudah dipahami dan segera membuatmu tertarik untuk melakukan sesuatu (call to action). Itulah yang dirasakan oleh mereka yang akan menonton videomu. Udah bikin mahal-mahal kok malah diskip-skip?

 

Kalau mau buat video, apa saja yang harus disiapkan?

Pembuatan video tentu tidak hanya tentang ambil kamera dan shoot. Banyak hal yang harus dipersiapkan, terutama objek yang akan dishoot. Nah, untuk menekan biaya produksi, kamu bisa bersepakat dengan production house di bagian shooting-editing-nya saja. Untuk bagian set lokasi, talent, make up artist, catering dan lain-lain bisa kamu siapkan sendiri. Tenang, setelah proses pra produksi, MDPro akan memberikan list apa saja yang diperlukan untuk proses produksi. Namun, yang harus dipahami adalah, kualitas dan kelancaran proses produksi sangat bergantung dari hal-hal tersebut, seperti contoh : kualitas akting model talent yang dipilih tidak seperti yang diharapkan, atau set lokasi tidak dapat digunakan karena jadwal bentrok. Production house tentu tidak dapat bertanggung jawab atas ketidaksesuaian konsep dan kualitas yang direncanakan jika list tersebut di luar pengelolaannya.

Atau kamu bisa memilih praktisnya, seluruh proses produksi menjadi tanggung jawab dari production house, sehingga kamu bebas pusing dan bebas khawatir akan hasilnya nanti. Tentu saja terdapat perbedaan item biaya yang dibebankan termasuk biaya penyiapan / management fee. Tapi jika biaya tersebut masih dalam budget yang direncanakan, kenapa harus pusing?

 

Berapa lama sampai video jadi dan bisa tayang?

Tahapan pembuatan video dibagi 3: pra produksi, produksi, dan pasca produksi.

Pra produksi diisi dengan kegiatan meeting, penyampaian dan pembahasan konsep, pembuatan skrip, pembuatan to-do list, dan lain-lain. Semakin detail proses ini dilakukan akan semakin baik karena akan membentuk persepsi dan visi yang sama antara klien dan vendor. Salah satunya jadwal shooting saat produksi nanti.

Produksi dilakukan sesuai hasil kesepakatan pasca produksi, bisa sehari, tiga hari, dan seterusnya. Dengan modal konsep pra produksi yang baik kelancaran proses produksi semakin terjamin sesuai jadwal. Pembuatan company profile sederhana dan satu lokasi bisa jadi hanya memerlukan 1 hari shooting saja. Namun jika dalam konsep dibutuhkan gambar pendukung yang memerlukan pengambilan di lokasi lain, hari pengambilan gambar bisa jadi bertambah.

Pasca Produksi adalah bagian terpanjang dari proses produksi video. Karena disinilah editor menjahit seluruh footage yang diproduksi saat shooting dan menggabungkannya menjadi video yang menarik. Proses editing selain assembly, juga terdapat bagian pemberian efek grafis, pewarnaan, dan pembuatan sound design. Masing-masing divisi dalam editing ini idealnya bekerja secara estafet dalam kondisi terkontrol serta termonitor dan tidak bisa dilakukan secara bersamaan. Monitoring dan laporan berkala dengan klien diperlukan agar dapat meminimalisir kesalahan sehingga  harus direvisi. Saat klien mengajukan revisi, hendaknya tetap mengacu pada dokumen-dokumen pra produksi.

Author avatar
admin
https://mdpro.id

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

We use cookies to give you the best experience.